Pengertian dan Sejarah Teknologi Komunikasi

Pengertian dan Sejarah Teknologi Komunikasi - BelajarTeknoInfoKom

Pengertian Teknologi Komunikasi

Menurut Cherry dalam buku Prof.Dr. H. Hafied Cangaa,M.Sc. Istilah Komunikasi berpangkal pada perkataan latin Communis yang artinya membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih.Komukasi juga berasal dari akar kata alam bahas latin Communico yang artinya berbagi.

Teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras(hardware) dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses, dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lainnya.

Penerapan teknologi komunikasi ditentukan oleh sejauhmana teknologi komunikasi mampu membuka akses pada berbagai pelayanan dan jaringan informasi. Telekomunikasi berasal dari kata Tele = jauh dan komunikasi = hubungan. Jadi Telekomunikasi berarti hubungan melalui jarak jauh.

Sejarah Teknologi Komunikasi

Penemuan pertama Teknologi Komunikasi Pada tahun 1875 oleh Alexander Graham Bell. penemuan ini sangatlah berguna hingga sekarang dan pada abad ke 20, tepatnya antara tahun 1910-1920, terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama. Komunikasi suara tanpa kabel ini pun berkembang dengan pesat. Komputer elektronik pertama beroperasi pada tahun 1943. Lalu diikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947 dan rangkaian terpadu (integrated electronics) pada tahun 1957. semua itu merupakan penemuan yang sangat penting bagi perkembangan teknologi elektronika yang merupakan cikal bakal TIK saat ini.

Cukup sekian dari article BelajarTeknoInfoKom, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan dapat menabah wawasan kita, mohon maaf atas kekuranganya dan terima kasih atas dukungan dan kunjungan anda. Have a nice day.
Previous
Next Post »